Bagi yang sudah awam bikin animasi menggunakan SwishMax mungkin tutorial Swishmax ini sangatlah gampang. Tapi bagi yang belum pernah pake, nggak ada salahnya mencoba kok..
1. Terlebih dahulu buka program Swishmax
2. Klik ikon “T” pada toolbox untuk membuat teks. Tulis teks sesuai keinginan pada kotak text panel. Lalu drag di area kerja.
3. Klik kanan pada teks lalu pilih copy object
4. Klik kanan lagi pada teks, pilih paste in place agar posisi teks tidak bergeser dari teks asal.
5. Pilih tanda persegi pada toolbox lalu buatlah sebuah persegi panjang di samping teks pada area kerja. Kemudian klik tanda “rotate and skew” pada tool options (di bawah toolbox) untuk memiringkan gambar persegi panjang yang telah kita buat.
6. Nah, sekarang kita mempunyai 2 objek di area kerja. Sekarang blok 2 objek tersebut (teks dan persegi panjang) lalu klik kanan pilih grouping à group as sprite.
7. Pilih objek persegi panjang pada “sprite” di “scene_1” atau klik kotak objek shape pada area timeline. Di area timeline inilah yang nantinya akan kita buat gambar geraknya (animasi). Klik pada frame 1 di samping objek “shape” lalu klik kanan pilih “move”.
8. Setelah muncul tanda “move” pada timelinenya, tarik tanda move tersebut sampai frame 20. Agar gambar persegi panjangnya bisa bergerak (pada area kerja), tarik atau drag persegi panjang tersebut sampai melewati batas akhir teks.
9. Langkah terakhir, pada tanda “sprite” (pada scene_1) jangan lupa contreng “use bottom object as mask” yang ada di movie panel.
10. Untuk memainkan hasil klik tombol “play movie” pada control toolbar.
Hasilnya:
SELAMAT MENCOBA……
1. Terlebih dahulu buka program Swishmax
2. Klik ikon “T” pada toolbox untuk membuat teks. Tulis teks sesuai keinginan pada kotak text panel. Lalu drag di area kerja.
3. Klik kanan pada teks lalu pilih copy object
4. Klik kanan lagi pada teks, pilih paste in place agar posisi teks tidak bergeser dari teks asal.
5. Pilih tanda persegi pada toolbox lalu buatlah sebuah persegi panjang di samping teks pada area kerja. Kemudian klik tanda “rotate and skew” pada tool options (di bawah toolbox) untuk memiringkan gambar persegi panjang yang telah kita buat.
6. Nah, sekarang kita mempunyai 2 objek di area kerja. Sekarang blok 2 objek tersebut (teks dan persegi panjang) lalu klik kanan pilih grouping à group as sprite.
7. Pilih objek persegi panjang pada “sprite” di “scene_1” atau klik kotak objek shape pada area timeline. Di area timeline inilah yang nantinya akan kita buat gambar geraknya (animasi). Klik pada frame 1 di samping objek “shape” lalu klik kanan pilih “move”.
8. Setelah muncul tanda “move” pada timelinenya, tarik tanda move tersebut sampai frame 20. Agar gambar persegi panjangnya bisa bergerak (pada area kerja), tarik atau drag persegi panjang tersebut sampai melewati batas akhir teks.
9. Langkah terakhir, pada tanda “sprite” (pada scene_1) jangan lupa contreng “use bottom object as mask” yang ada di movie panel.
10. Untuk memainkan hasil klik tombol “play movie” pada control toolbar.
Hasilnya:
SELAMAT MENCOBA……
Tidak ada komentar:
Posting Komentar